Penerapan e-Government di Kabupaten Pati. Apakah bisa ?

Iwan Trisno, SH, MM.

Iwan Trisno, SH, MM.

Selamat dan semoga sukses. Kata pertama kali yang saya ucapkan kepada Pemerintah Kabupaten Pati yang telah membentuk Struktur Organisasi yang baru sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007. Bahkan telah dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah dari Top Manager dari beberapa SKPD yang ada. Termasuk didalamnya Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi.

Saya lalu berpikir bahwa, dengan adanya Bidang Komunikasi dan Informasi dalam kepemerintahan di Kabupaten Pati maka e-Government yang selama ini canangkan dan digembar-gemborkan oleh berbagai kalangan akan dapat dilaksanakan dengan baik. Dasar dari argumentasi saya ini adalah karena selama ini penerapan dan pengelolaan e-Government di Kabupaten Pati belum dapat berjalan secara terintegrasi dan terkoordinasi dengan baik. Buktinya, masing-masing SKPD saling berlomba untuk menjadi yang terdepan dalam penerapan e-Government. Tetapi tidak sedikit pula yang apatis alias masa bodoh terhadap e-Government ini.

Bagi yang telah menerapkan e-Government, mereka membuat sebuah media komunikasi dan informasi yang berbasis internet yang disebut dengan website, dengan format dan content yang beragam sesuai dengan tupoksinya. Sebut saja misalnya www.pati-trade.com dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, www.bappedapati.org dari Bappeda, www.dinkes-pati.com dari Dinas Kesehatan, www.litbang.patikab.go.id, dari Kantor Penelitian dan Pengembangan, dan mungkin masih ada yang lainnya.

Trus, gimana dengan website Kabupaten Pati itu sendiri. Dulu, pernah ada www.pati.go.id. Tapi itupun tidak dapat berjalan optimal, karena berbagai kendala dan persoalan, akhirnya www.pati.go.id menghilang dari peredaran. Kemungkinan sebabnya adalah Pemerintah Kabupaten Pati belum memperpanjang domainnya. Sehingga kalau diakses, isinya jauh dari informasi tentang Kabupaten Pati.

Sayang di sayang. Websiteku sayang, websiteku malang.

Tapi kini, diawal Tahun 2009 telah ada sebuah organisasi kepemerintahan di Kabupaten Pati yang secara khusus menangani ICT (Information and Communication Technology). Tapi itupun belum tentu bisa lebih baik, jika kendala dan persoalan yang mendasar belum bisa diatasi. Misalnya, keterbatasan (bahkan mungkin tidak punya) SDM yang memiliki kompetensi dibidang ICT, belum adanya pemahaman dari para decision maker tentang arti penting ICT, bahkan sampai belum tersedianya anggaran yang cukup untuk mendanai ICT.

Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pati untuk berbuat lebih baik dari sebelumnya. Apakah Dishubkominfo Pati tetap akan mewarisi pola dan pemikiran yang telah lalu sehingga dunia komunikasi dan informasi di Kabupaten Pati tetap mengalami stagnasi atau jalan ditempat, atau bahkan mengalami kemunduran. Padahal banyak lho potensi-potensi Kabupaten Pati yang harus diinformasikan ke seantero jagad.

Bagaimana Bapak Kadishubkominfo? Apakah Bapak sudah siap untuk mengembangkan ICT di Kabupaten Pati? Apakah Bapak sudah siap menerapkan e-Government? Apakah Bapak sudah punya team work yang handal dibidang ICT? Semoga Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pati mampu mewujudkan e-Government di Kabupaten Pati. Amiin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s